Senin, 24 Desember 2012

PERBEDAAN MARKETING SOCIAL DAN KOMERSIL
A.    Pemasaran Social
a.             pengertian
Pemasaran sosial (bahasa Inggris: marketing social) merupakan aplikasi strategi pemasaran komersil untuk menjual gagasan dalam rangka mengubah sebuah masyarakat, terutama dalam manejemen yang mencakup analisis, perencanaan, implementasi, dan pengawasan.
b.             Unsur-Unsur Pemasaran Social
a)     Produk sosial : Gagasan dan Praktik
Perubahan gagasan atau perilaku yang sifatnya merugikan masyarakat kepada gagasanatau perilaku baru yang lebih baik adalah tujuan dari adalah tujuan dari pemasaran sosial.Gagasan dan perilaku adalah produk yang dipasarkan.
b)    Target adopter
Tujuan-tujuan pemasaran sosial mengarah pada satu kelompok atau lebih terget adopter.Ada sejumlah kelompok yang dapat diatasi dengan cara-cara yang beragam seperti atasdasar usia, status sosial ekonomi, jumlah keluarga atau lokasi geografis. 3. Teknologi Manajemen Perubahan Sosial
Suatu teknologi manajemen perubahan sosial harus dapat menjawab secara efektif pertanyaan berikut :
·         Gagasan atau praktik sosial apa yang akan diubah, dan kelompok target adopter manayang dituju ?
·         Hal-hal apa saja yang membuat suatu perubahan berkualitas baik ?
·         Bagaimana membawa perubahan tersebut untuk kelompok target adopter ?
c)     Mendefinisikan Pengiriman Produk
Kebutuhan pertama dalam keberhasilan pemasaran sosial salah satunya adalahmenciptakan suatu produk sosial baru untuk mempertemukan suatu kebutuhan yang tidak terpuaskan atau untuk merancang produk yang lebih baik yang dapat diterima. Tugasmendefinisikan kampanye perubahan sosial adalah salah satunya berasal dari penonjolansuatu hal yang dianggap paling berpengaruh.
d)    Merancang Pemasaran Produk Sosial
Tugas ahli pemasaran sosial selanjutnya adalah menghadirkan solusi secara efektif untuk kelompok target adopter.
e)     Memasarkan Ke Target Adopter
Ahli pemasaran sosial harus harus siap mengirimkan atau memasarkan praktik sosial darisuatu kegiatan perubahan sosial, yang mulai diminati masyarakat target adopternya.
f)     Mempertahankan Pasar
ugas akhir dari ahli pemasaran sosial adalah menjaga keberlangsungan perubahansosial, yaitu berupa tanggapan yang sesuai dengan yang diharapkan dari lingkungansekitar populasi target adopter
c.           Proses Kegiatan Pemasaran Sosial
  1. . Menganalisis lingkungan pemasaran social
Langkah pertama proses pengelolaan pemasaran social adalah menganalisis secara dini berkenaan dengan kampanye social yang khusus.
  1. Meneliti populasi target adopter
Perlu dimengerti target adopter berikut kebutuhan-kebutuhannya. Setiap kelompok memiliki karakteristik tertentu dalam menanggapi kampanye social.
  1. Merancang tujuan dan strategi pemasaran social
Tujuan pemasaran sosial haruslah spesifik, terukur (measurable) dan dapat dicapai. Seringkali tujuan tidak diungkapkan secara spesifik, dengan demikian akan sulit untuk diukur, misalnya "peningkatan kesejahteraan anak-anak" atau "peningkatan kualitas hidup".
  1. Merencanakan program pemasaran social
Setelah strategi dirancang, maka harus disiapkan rincian program social marketing-mix-nya. Elemen-elemen social marketing-mix dari media massa harus selektif dan dikembangkan dalam program yang taktis. Maka pertimbangkan hal berikut ini :
·         Pemilihan yang hati-hati terhadap biro iklan
·         Perancangan dan penampilan iklan
·         Seleksi media dan waktu yang tepat
Penentuan harga adalah alat pemasaran lainnya yang diperlukan dalam program taktis. Hal ini juga dikaitkan pada biaya yang harus dibebankan kepada target adopter untuk beraksi sekarang juga. Pelbagai variasi program taktis akan berbeda satu sama lainnya sesuai produk sosialnya

d.    Produk Social Terdapat Tiga Tipe
1.     Social Idea
Tipe produk social pertama adalah Gagasan Sosial berupa suatu kepercayaan (belief), sikap (attitude), atau nilai (value).
2.     Social Practice
Tipe produk social kedua adalah Praktik Sosial berupa peristiwa yang terjadi akibat aksi perorangan, seperti yang ditunjukkan pada vaksinasi atau keikutsertaan (partisipasi politik) dalam pemilihan umum. Juga bisa berupa pola perilaku yang sukar dirubah.
3.     Social Difference
Tipe produk social ketiga adalah suatu tujuan perubahan social yang melibatkan produk kasat mata (tangible product) Produk tangible menunjuk pada produk fisik yang menyertai suatu kampanye social. Seperti pilkontrasepsi atau kondom yaitu alat-alat yang berguna dalam menyempurnakan praktik social, dalam konteks praktik keluarga berencana.
B.      MARKETIMG KOMERSIL
a.     Pengertian
Ada beberapa bataan mengenai pengertian pemasaran komersil yaitu :
·       Kotler (1985 : 15), mengemukakan bahwa pengertian pemasaran komersil adalah suatu kegiatan yang dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan dan kegiatan manusia melalui proses pertukaran.
·       Marwan (1991 : 15), menjelaskan bahwa pemasaran adalah usaha yang terpadu untuk merencanakan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
·       Menurut Musrid (1997 : 26), menjelaskan bahwa pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang bertalian dengan arus penyerahan barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
b.     Unsur-Unsur Pemasaran Komersil
Unsur utama dalam pemasaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu:
1)     Unsur Strategi persaingan
Unsure strategi persaingan dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
·         Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah tindakan mengidentifikasi dan memebntuk kelompok atau pembeli sacara terpisah.
·         Targeting
Adalah suatu tindaan memilih satu atau lebih pasar yang di mauki.
·         Positioning
Adalah penentuan posisi pasar., yang bertujuan untuk membangun dan mengkomunikasikan keunggulan bersaing produk yang ada di pasar kedalam benak konsumen.
2)     Unsure taktik pemasaran
Ada dua unsure taktik pemasaran yaitu:
·         Diferensiasi, yang berkaitan dengan cara membangun strategi pemasaran dalam berbagai aspek perusahaan.
·         Bauran pemasaran, yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan mengeni produk, harga, promosi dan tmpat.
3)     Unsure nilai pemasaran
Dapat di kelompokkan menjadi 3 bagia , yaitu:
·        Merek atau brand, yaitu nila yang berkaitan dengan nama atau nilai yang dimiliki dan melekat pada satu perusahaan
·       Pelayanan atau service, yaitu nilai yang berkaitan dengan pemberian jasa pelayanan kepada konsumen.
·         Pross, yaitu nilai yang berkaitan dengan prinsip perusahaan untuk membuat setiap kariyawan terlibat dan memiliki rasa tanggung jawab dalam proses memuaskan konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar